6 Februari 2011

Sejarah singkat kami


Berawal dari sekumpulan remaja yg berasal dari satu sekolah (SMA Negeri 19 Bandung), sering terjadi obrolan-obrolan ringan diantara mereka mengenai kegiatan yang ada disekolahnya. Kemudian munculah ide dan gagasan kreatif untuk membuat satu kegiatan yang bergerak dibidang seni. Sebagian dari sekumpulan remaja ini memiliki basic dan pengalaman dibidang komedi, maka berdirilah kelompok Kabaret di SMA Negeri 19 Bandung tersebut.

Kelompok ini terbentuk bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila yaitu pada tanggal 1 Oktober 1995. Para pendirinya diantaranya Aming Sugandi, M Jati Pamungkas, Rachel Maryam, Seno Samodro dan beberapa rekan lainnya yang memberi nama kelompok ini KASEBEL (kabaret Sembilan belas), dirasa nama tersebut kurang terdengar “keren” maka nama tersebut dirubah menjadi KANTEEN (Kabaret Nineteen), nama KANTEEN dipergunakan hingga tahun 1999. Dengan keterkesanan nama KANTEEN dengan kebarat-baratan, nama KANTEEN pun dirubah lagi menjadi POTRET BEBAS (Pondok Teater dan Kabaret Sembilan Belas), Kata ‘Pondok’ dari POTRET memberi kesan yang cukup akrab dan menunjukan identitas bangsa dengan tempat tinggalnya. Mungkin sedikit klemik, dengan nama tersebut tidak jarang POTRET BEBAS mendapatkan nasib yang terkesan ‘sial’, sering terjadinya konflik pribadi dan kekaryaan yang sangat tidak produktif, menjadikan kata ‘BEBAS’ terkesan tidak baik, maka diganti oleh angka 19.
Sampai sekarang nama yang dipakai adalah POTRET 19 (Pondok Teater dan Kabaret 19). Sesuai namanya “Pondok Teater dan Kabaret” diharapkan dapat menampung, menaungi, dan menjadi tempat mengungkapkan segala ekspresi yang menjadikannya selalu berkreasi.

Tentang angka 19
Bukan satu alasan kenapa kami menggunakan angka 19, yang awal mulanya memang domisili almamater kami yang berasal dari SMA Negeri 19 Bandung, tapi saat kami tidak terkait dengan instansi sekolah / saat kita berada di masyarakat umum (mahasiswa/umum). Kami tetap menggunakan angka 19, dengan beberapa spekulasi artian sebagai berikut:

“Bismillaahirrahmaanirraahiim” (dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang) sebagai pembuka setiap surat dalam Al Qur'an ternyata terdiri dari 19 huruf (atau 19 X 1 ). Pada lafadz Basmalah pun kita akan menemukan sebanyak 19 huruf. Coba anda hitung sendiri: Ba, Sin, Mim, Alif, Lam, Lam, Ha, Alif, Lam, Ra, ha, Mim, Nun, Alif, Lam, Ra, ha, Ya, Mim. 19 huruf, bukan?

Keistimewaan angka 19 dalam ilmu matematik dikenal sebagai salah satu ‘Bilangan Prima’ yakni bilangan yang tak habis dibagi dengan bilangan manapun kecuali dengan dirinya sendiri. Keistimewaan tersebut melambangkan bahwa sifat-Nya yang serba MAHA tidak dibagikan kepada siapapun juga kecuali bagi diri-Nya sendiri (Surat ke-112 ayat 3).

Angka 19 terdiri dari angka 1 dan 9, dimana angka 1 merupakan bilangan pokok pertama dan angka 9 merupakan bilangan pokok terakhir dalam sistem perhitungan kita. Keistimewaan tersebut menunjukkan sifat Allah yakni 'Maha Awal dan Maha Akhir' (Surat ke-57 ayat : 3).

Angka 1 melambangkan sifat-Nya yang 'Maha Esa' (surat ke-112 ayat 1), sedangkan angka 9 sebagai bilangan pokok terbesar melambangkan salah satu sifatnya yang ke-38 yaitu 'Maha Besar'.

Dalam Kalender Tahun Komariyah (Sistem Peredaran Bulan), terjadinya Tahun Kabisat terjadi pada setiap 19 tahun sekali.
Kerangka manusia yaitu : - tulang leher ada 7 ruas, tulang punggung ada 12 ruas, jadi jumlahnya 19 ruas. (Referensi: "Atlas Anatomi", Prof. Dr. Chr. P. Raven).
 sumber link ( (1), (2) )


3 komentar:

  1. wah, ternyata luar biasa angka 19, semoga POTRET 19 juga selalu menjadi yang luar biasa.. amiin

    ingat sob, "Organisasi yang hebat itu adalah organisasi yang menghargai sejarahnya"

    jadi tetaplah menjadikan awal sejarah organisasi ini menjadi kunci terus berjalannya kesuksesan organisasi ini! semangat !

    BalasHapus
  2. Terharu nih setelah tau makna 19...apalagi artikel ini berdasarkan fakta yang tertera dalam Al-quran...makin cinta nih sama 19...

    semoga...kesuksesan POTRET mampu sejajar dengan makna dari angka istimewa ini...amin.

    19...POTRET banget!!!

    BalasHapus